Wednesday, August 8, 2018

Indonesian Travel - Gunung Bromo (Lumajang - Malang - Probolinggo)



English : 

Who does not know the beauty of tourist attractions in East Java this one. Mount Bromo is an active volcano located alone on the border of Lumajang, Malang, Pasuruan and Probolinggo districts. The mountain which has an altitude of 2392 m above sea level is indeed very charming for anyone who comes to visit it, supported by several tourist attractions around it making this mountain a unique and cool tourist spot. The tourism of Mount Bromo itself is often said by many as the Icon of East Java, physically this mountain is not as big as other mountains in East Java, such as Mount Semeru, Mount Argopuro, Mount Arjuno and other mountains, but the charm is beautiful. not only in Indonesia even abroad.

Mount Bromo is included in the area of ​​Bromo Tengger Semeru National Park (TNBTS) and the name of Mount Bromo itself is said to have originated from the word Brahma which is one of the gods according to Hindu religious beliefs. Hinduism itself is a belief that is widely held by people around tourist attractions in Java This East. Residents around Mount Bromo are widely known by the name Tengger tribe, a tribe of Javanese races who are descendants of the Majapahit kingdom.

To enjoy the view from Mount Bromo itself, tourists will usually go to View Point first, View Point is a place used to see the sunrise and the beauty of Mount Bromo from a height. There are five places that can be used to view the scenery of Mount Bromo through the top of the hill, including Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong and Puncak B29. but for Puncak B29 the place is a bit far from the other four view points, and this place is a newly developed place to be used as a view point.

To be able to get to and enjoy the beauty of Mount Bromo tourists can choose several existing transportation lines. This tourist area is indeed very easy to reach, if you come from outside East Java, you can transit first in Surabaya or at the airport or train station. then you can continue the journey to the route or path below. As for the path that can be passed to Mount Bromo are as follows:

1. Pathway from Lumajang District
If you pass the route from Lumajang regency, you can take the journey from Lumajang city to senduro sub-district, from here you can continue the journey to Ranu Pane village, and then through the hill to the Bromo tourist area through Jemplang area. when you arrive at Jemplang you can already see the view of Mount Bromo from a distance.

2. Path from Malang
For the Malang route, you can travel from the city of Malang to the Tumpang sub-district - Kab. Malang, from here your trip will be forwarded to Bulak Klakah village, and will meet the path that passes Lumajang, namely Jemplang area and then continue through the Bromo mountain savanna

3. Path from Pasuruan
Pasuruan Line is the third route that can be traversed if you are going to visit Mount Bromo, Your trip can start from Pasuruan city to Wonorejo sub-district, from here you can continue to Warung Dowo sub-district and then to Tosari sub-district, from Tosari sub-district, you continue to Wonokitri village. then proceed to Penanjakan Mount Bromo

4. Path from Probolinggo
The Probolinggo line itself is the main route to the tourist area in East Java, this path is the favorite route for tourists, you will be able to enjoy the beauty of nature during the trip to Mount Bromo. if you choose to pass the Probolinggo line, from Surabaya your trip will be continued to Pasuruan district, along the Pantura road then enter Probolinggo district. Then you will find a junction of Tongas sub-district and proceed to Lumbang sub-district, for those of you who still have time and want to visit other tourist attractions, here you can stop by Madakaipura Waterfall attractions.

After arriving in the Lumbang sub-district, your trip continues to the Sukapura district then follow the road to the village of Cemoro Lawang and this is where the main door to enter the Mount Bromo area.




Indonesia :
Siapa yang tidak mengenal keelokan tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berada sendiri berada di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Gunung yang mempunyai ketinggian 2392 m dpl memang sangat mempesona bagi siapa saja yang datang untuk mengunjunginya, dengan didukung oleh beberapa tempat wisata yang ada di sekitarnya menjadikan gunung ini sebagai tempat wisata yang unik dan asik. Wisata Gunung Bromo sendiri banyak dibilang oleh banyak kalangan sebagai Iconnya Jawa Timur, memang secara fisik gunung ini tidaklah sebesar gunung - gunung lain di Jawa Timur, seperti gunung Semeru, gunung Argopuro, gunung Arjuno dan gunung - gunung lainya, tetapi pesonanya yang indah sudah menggema tidak hanya di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.
Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) dan nama Gunung Bromo sendiri konon berasal dari kata Brahma yang merupakan salah satu dari Dewa menurut keyakinan agama Hindu.  Agama Hindu sendiri adalah keyakinan yang banyak dianut oleh masyarakat sekitar tempat wisata di Jawa Timur ini. Penduduk sekitar gunung Bromo banyak dikenal dengan nama suku Tengger yaitu suku dari ras suku Jawa yang merupakan keturunan dari kerajaan Majapahit.
Untuk menikmati pemandangan dari gunung Bromo sendiri biasanya para wisatawan akan menuju ke View Point terlebih dahulu, View Point merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melihat matahari terbit dan keindahan gunung Bromo dari ketinggian. Ada lima tempat yang bisa di gunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo melalui puncak bukit, diantaranya Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. tetapi untuk Puncak B29 tempatnya agak jauh dari keempat view point yang lainya, dan tempat ini merupakan tempat yang baru dikembangkan untuk dijadikan view point.
Untuk dapat sampai dan menikmati keindahan gunung Bromo wisatawan dapat memilih beberapa jalur transportasi yang ada. kawasan wisata ini memang sangat mudah untuk dijangkau, apabila Anda berasal dari luar Jawa Timur, Anda bisa transit dulu di Surabaya bisa di Bandara atau Stasiun Kereta Api. kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju rute atau jalur dibawah ini. adapun jalur yang bisa dilewati untuk ke gunung Bromo adalah sebagai berikut :

1. Jalur dari Kabupaten Lumajang

Apabila Anda melewati jalur dari kabupaten Lumajang, Anda bisa menempuhnya perjalanan dari kota Lumajang menuju kecamatan senduro, dari sini Anda bisa meneruskan perjalanan menuju desa Ranu Pane, dan kemudian melewati bukit menuju ke kawasan wisata Bromo lewat kawasan Jemplang. apabila sampai di Jemplang Anda sudah bisa melihat pemandangan gunung Bromo dari kejauhan.

2. Jalur dari Malang

Untuk jalur yang melawati Malang, Anda bisa menempuh perjalanan dari kota Malang menuju ke kecamatan Tumpang - Kab. Malang, dari sini perjalanan Anda akan diteruskan ke desa Bulak Klakah, dan akan bertemu dengan jalur yang melewati Lumajang, yaitu kawasan Jemplang dan kemudian dilanjutkan melewati padang savana gunung Bromo

3. Jalur dari Pasuruan

Jalur Pasuruan adalah jalur ketiga yang bisa dilalui apabila Anda akan mengunjungi gunung Bromo, Perjalanan Anda bisa dimulai dari kota Pasuruan menuju ke kecamatan Wonorejo, dari sini Anda dapat melanjutkan ke kecamatan Warung Dowo dan kemudian ke kecamatan Tosari, dari kecamatan Tosari, Anda terus menuju ke desa Wonokitri. kemudian dilanjutkan ke Penanjakan Gunung Bromo

4. Jalur dari Probolinggo

Jalur Probolinggo sendiri merupakan jalur utama ke kawasan Tempat Wisata di Jawa Timur ini, jalur ini merupakan jalur favorit para wisatawan, Anda akan bisa menikmati keindahan alam selama perjalanan ke gunung Bromo. apabila Anda memilih untuk melewati jalur Probolinggo, dari Surabaya perjalanan Anda akan diteruskan ke kabupaten Pasuruan, menyusuri jalan pantura kemudian masuk kabupaten Probolinggo. kemudia Anda akan menemukan pertigaan kecamatan Tongas dan dilanjutkan menuju kecamatan Lumbang, bagi anda yang masih mempunyai waktu serta ingin mengunjugi tempat wisata lain, disini Anda bisa mampir ke tempat wisata Air Terjun Madakaipura.
Setelah sampai di kecamatan Lumbang, perjalanan Anda diteruskan menuju kecamatan Sukapura kemudian mengikuti jalan menuju ke desa Cemoro Lawang dan disinilah pintu utama untuk masuk ke kawasan gunung Bromo.

Sumber : www.twisata.com

No comments:
Write comments