Saturday, December 15, 2018

Apa Hubungan Mesin Fingerprint dengan Aplikasi DHGTK?


Hai Sahabat Absensi!

Balik lagi nih kita, kali ini kita bakal bahas tentang Absensi Online DHGTK yang lagi ramai ramainya di perbincangkan khususnya di kalangan lingkup pendidikan. Seperti sekolah, guru dan staf karyawan sekolah itu sendiri.

Mungkin sebagian orang bertanya tanya. Emang apasih DHGTK?
Nah yuk kita perkenalan dulu dengan aplikasi DHGTK ini, simak dibawah ini :

Kepanjangan dari DHGTK sendiri itu adalah (Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan). Nah fungsinya aplikasi ini sendiri itu apa? Fungsinya adalah pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. 

Terus prosesnya gimana? Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Untuk bisa mencatat kehadiran guru ke dalam aplikasi DHGTK ini, ada 2 User ID yang bisa mengakses ke dalam sistem DHGTK ini, yaitu 
  1. User ID Kepala Sekolah
  2. User ID Operator Dapodik
(Kedua User ID tersebut terupdate datanya  langsung dari data dapodik ( Baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud)

Nah proses dari pencatatan data kehadiran ini lah yang dirasa kurang efesien karena Admin yang mengurus DHGTK di sekolah itu sendiri merasa kewalahan. Bayangin aja kalo jumlah Gurunya 100 orang :D

Dari artikel yang pernah saya baca, mengatakan :

Sumber : inulwara.blogspot.com
"Merujuk pada pernyataan salah seorang pengembang DHGTK Kemdikbud lewat status facebooknya mengungkapkan bahwa untuk sistem DHGTK Tahun Pelajaran 2018/2019 akan dibuat kebijakan baru. Terdapat 4 opsi yang ditawarkan tentang penggunaan DHGTK 2018/2019 ke depan, yakni:
  1. Operator Data Sekolah melakukan absensi dengan akunnya masing masing.
  2. GTK melakukan absensi dengan akun SIMPKB.
  3. Fingerprint dengan lisensi pihak ke-3 atau
  4. Menggunakan Mesin Finger print (Bagi yang sudah memiliki/Beli Sendiri) dan terintegrasi dengan DHGTK. "

Dan ditambah peraturan dari Pemerintah untuk mewajibkan Seluruh Sekolah di Indonesia menggunakan Mesin Absensi/Finger print di Tahun 2019 mendatang.

Lalu munculah presepsi orang orang yang mengatakan Pemerintah Menuntut Untuk Membeli Mesin Fingerprint type A, B, C dan sebagainya. Padahal sebenarnya tidak.

Salah satu narasumber mengatakan :

"Kenapa pada tahun 2018 banyak yang menggunakan DHGTK atau tidak, tunjangannya di cairkan semuanya. Karena Dirgen GTK menganggap bahwa semuanya mengajar/ kerja 37,5 jam (masih ada kebijaksanaan). Maka, pada 2019 sekolah wajib menggunakan Finger Print dan melaporkannya/sinkron.

Finger print boleh menggunakan merk apa pun (tidak ada ketentuan merk) di Permendikbud No 1 Tahun 2018

Untuk melaporkan Data Kehadirannya boleh setiap hari, boleh seminggu sekali (jangan lebih dari seminggu untuk melaporkannya) tarik data dari mesin absen/FP ke aplikasi di laptop, kalau disekolah tidak ada jaringan bisa sinkron dimana saja. 
Artinya tarik dari aplikasi Finger printnya, langsung export dilaporkan ke GTK."


Nah udah jelas kan Sahabat Absensi? Seperti yang barusan di garis bawahi. Bawasannya Pemerintah tidak pernah menuntut Sekolah untuk membeli type Mesin A atau B. Karena memang tidak ada ketentuan merk.

Bahkan di Permendikbud No 1 Tahun 2018 Tentang BOS, Halaman 53 Point P dijelaskan "Pembelian dan pemasangan alat absensi bagi guru dan staf sekolah lainnya, termasuk tipe finger print scan dengan biaya maksimal Rp. 3.000.000,00 (Tiga Juta Rupiah)."
Artinya keputusan kembali kepada sekolah itu sendiri mau beli yang dibawah 3 Juta silahkan, diatas pun gapapa tapi sisanya di tambah sendiri mungkin ya hehe :D

Yauda penjelasannya cukup sampai disini dan saya rasa cukup, ya mudah mudahan bisa memberi manfaat bagi pembaca Blog Kabar Absensi ini. Terima Kasih sudah membaca :)



Butuh Mesin Absensi? Harga Bersahabat dan Berkualitas?
KLIK DISINI !!!  KLIK DISINI !!!  KLIK DISINI !!!  KLIK DISINI !!!

By : Kabar Absensi 

7 comments:
Write comments
  1. Dulu saya pernah bikin aplikasi buat absensi balai kota semarang, ada hal lucu dimana coding programnya di seting jam 10 pagi itu bisa absen pulang walaupun jam pulang sebenarnya jam 4 sore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha yaa begitulah pegawai jaman sekarang bang, saya rasa hampir di seluruh wilayah indonesia juga seperti itu bang.

      Delete
  2. Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

    ReplyDelete
  3. yang jadi pertanyaan adalah point no 4 "Menggunakan Mesin Finger print (Bagi yang sudah memiliki/Beli Sendiri) dan terintegrasi dengan DHGTK. "
    sampai sekarang tidak bisa /tidak ada petunjuk. kalau poin no 3 itu sudah jalan, sementara yg no 5 tidak ada kejelasan

    ReplyDelete
  4. Untuk POINT ke-4 Maksudnya adalah dari pihak sekolah sendirilah yang membeli atau mencari produk yang bisa terintegrasi dengan DHGTK, atau kalo sudah punya mesin absensinya, bisa langsung di integrasikan, cuman untuk cara dan prosedurnya gimana bisa konsultasi dengan toko2 komputer langganan anda atau bisa datang ke Service Center mesin absensi tersebut

    ReplyDelete
  5. terima kasih, artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk meningkatkan kedisiplinan anak, aplikasi kami berupa absensi fingerprint berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, bisa juga untuk kantoran, dll untuk lebih jelasnya silahkan hubungi website kami www.schoolmantic.com

    ReplyDelete
  6. Saya punya program realtime data absensi untuk semua tipe mesin fingerspot seri REVO BNC. Berikut fitur2nya :
    - Realtime data absensi
    - Realtime data user
    - Tarik data absensi dari mesin ke server
    - Tarik data user dari mesin ke server
    - Hapus data user di mesin
    - Hapus data absensi di mesin
    - Set User ke mesin
    - Set IP Server di mesin
    - Disable/Enable Register di mesin
    - Set Nama Mesin secara online
    - Set Waktu di mesin
    - Reboot Mesin
    - Tarik informasi mesin (Jumlah data, sidik jari, password, data absensi dll)
    - Bisa dipasang di hosting public / lokal network
    Berminat hub 0813 48021 778 (WA)

    ReplyDelete